Posted by : Novia Andini Senin, 08 April 2019

Kejayaan Facebook

Pada 23 Oktober tahun 2003 merupakan titik awal Mark Zuckerberg seorang mahasiswa psiologi dari Harvard University untuk mempelajari dunia jaringan sosial, dimana dia mulai bereksperimen menciptakan Facemash.com. Facemase merupakan situs yang memperbolehkan pengunjung (mayoritas mahasiswa harvard) untuk membanding bandingkan gambar mahasiswa yang lebih cantik. Facemase menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilihnya.

.Sejarah Facebook Facemash.com

Lalu, pada 11 Januari 2004 Mark Zuckerberg mendaftarkan domain thefacebook.com yang terinspirasi dari insiden Facemash dan dimodelkan dari Friendster. Mark jugamengatakan bahwa ia ingin menciptakan sebuah situs web yang dapat menghubungkan orang-orang dalam kampus. Ia menyadari bahwa pihak kampus (Harvard University) perlu wajtu beberapa tahun untuk menciptakan sistem tersebut, sedangkan Mark dan teman Harvard -nya hanya perlu waktu seminggu.

Tidak lama sesudah peluncuran, Sean Parker (co-founder Napster) menemukan thefacebook.com dikomputer kekasihnya. Parker kemudian pergi ke New York untuk bertemu dengan Mark yang pada akhirnya Parker mulai menjadi penasehat thefacebook.com secara tidak formal. Pada Juni 2004 Facebook mendapatkan investasi pertamanya dari Peter Theil (founder PayPal) sebesar 500 ribu dolar sebagai ganti dari 10,2% saham thefacebook.com, Sean Parker juga diangkat sebagai presiden dari perusahaan tersebut. thefacebook.com terus dikembangkan ke luar kampus hingga akhirnya 30 Desember lebih dari 1 juta orang telah menjadi angggota thefacebook.com.

Agustus 2005 thefacebook.com mengubah namanya menjadi facebook.com dengan seharga $200.000. Pada tahun tersebut Facebook.com mendapatkan berbagai investor dan mulai bekerjasama dengan Apple dan Microsoft. Pada akhir 2005 te3rsebut Facebook telah menyebar di US, UK, Australia, New Zealand Canada, Irlandia dan Mexio.

Sumber : http://www.markijar.com/2015/07/sejarah-dan-awal-berdirinya-facebook.html


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Novia Andini - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -